Supian Hadi Keliling DAS Katingan Serap Aspirasi Warga

SAFARI POLITIK-Cawagub Kalteng H Supian Hadi naik speedboat berkeliling DAS Katingan mengunjungi masyarakat Desa Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan, Desa Parupuk dan Desa Tampelas Kecamatan Kamipang, baru-baru ini. ISTIMEWA

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 2 H Supian Hadi (SHD) terus melakukan kunjungan safari politik ke berbagai daerah di Kalteng. Salah satu momen dalam suasana hangat dan sederhana terlihat jelas saat SHD berkeliling ke beberapa desa di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Katingan, 22-27 Oktober 2024.

Ada yang beda dalam kunjungan SHD itu, cara unik yang diperlihatkan oleh pasangan calon Gubernur Kalteng Nadalsyah tersebut. Ia bersilaturahmi dan menyerap aspirasi warga dan mendapat respons positif dari masyarakat. Ia lebih memilih lesehan di depan toko-toko atau kios-kios, berbaur tanpa formalitas, membuat warga merasa lebih dekat dan didengar.

Pertemuan itu dilakukan oleh SHD di beberapa desa, di antaranya Desa Petak Bahandang Kecamatan Tasik Payawan, Desa Parupuk dan Desa Tampelas, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan. Warga menyambut baik kehadiran Supian Hadi yang memilih duduk di emperan sebuah toko milik Hernodiansyah.

“Tak pernah terpikir oleh saya ada calon yang mau duduk di depan warung untuk mendengarkan keluhan kami, ini membuat kami merasa dihargai. Baru Pak Supian yang datang, calon-calon lain bahkan belum pernah menginjakkan kaki ke sini,” ujar Hernodiansyah dengan kagum.

Pendapat serupa datang dari Nisa, warga Desa Muara Bulan, Kecamatan Mendawai, yang terkejut dengan kehadiran Supian Hadi. “Biasanya yang datang hanya baliho, tapi hari ini ada calon yang benar-benar datang ke desa kami,” katanya sambil tersenyum, melayani pembeli di warungnya.

Kehadiran SHD yang terkenal hangat dan terbuka ini memberi harapan besar bagi warga desa-desa di DAS Katingan. Banyak yang berharap agar pasangan Koyem-SHD, jika terpilih, bisa memperhatikan desa-desa terpencil yang selama ini kurang mendapat perhatian.

“Insya Allah, 27 November nanti kami akan memilih beliau untuk kemenangan pasangan nomor 2,” ujar Kusransyah, salah satu warga, menutup percakapan dengan penuh semangat.

Menanggapi berbagai aspirasi warga, mantan Bupati Kotawaringin Timur dua periode ini menyebut, warga di sepanjang DAS Katingan masih harus mengandalkan transportasi sungai, yang membuat berbagai layanan terlambat. Sehingga SHD menekankan pentingnya pembangunan jalan darat untuk memajukan wilayah tersebut.

“Akses jalan adalah kebutuhan utama bagi masyarakat di sepanjang DAS Katingan. Dengan adanya jalan darat, semua sektor akan terbuka, termasuk perekonomian dan layanan lainnya,” kata SHD, yang berpasangan dengan Calon Gubernur Kalteng Nadalsyah Koyem.

Warga DAS Katingan berharap sosok seperti Supian Hadi dapat membawa perubahan dan keseimbangan pembangunan hingga ke desa-desa yang masih terisolasi dan menghadirkan masa depan yang lebih cerah serta merata bagi seluruh daerah di Kalteng. rmp