Usai Launching, MPP Pulpis Sepi Pengunjung

SEPI - Kondisi MPP Handep Hapakat yang masih tampak sepi pengunjung dan beberapa talen yang masih kosong. TABENGAN/YAKIN

PULANG PISAU/TABENGAN.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Hj Nunu Andriani telah meresmikan dan melaunching Mall Pelayanan Publik (MPP) Handep Hapakat di Jalan Oberlin Metar, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir. Namun masih ada sejumlah kendala, baik itu terkait manajemen, kurangnya personel, dan jaringan yang memadai untuk mendukung kelancaran MPP.

Kunjungan media ini ke MPP Handep Hapakat, ternyata masih cukup banyak talen yang belum terisi. Kondisi MPP juga masih ada yang kosong layanan, termasuk beragam kendala di dalamnya.

Dari 16 layanan itu, yang sudah mengisi talen yakni Polres Pulpis, Pengadilan Negeri Pulpis, Kementerian Agama Pulpis, DPMPTSP Kabupaten Pulpis, Disdukcapil Pulpis, BPJS Kesehatan Cabang Pulpis, BPN Kabupaten Pulpis, DPUPR Pulpis, Bapenda Pulpis, dan KP2KP.

Sementara yang belum mengisi talen, Kejaksaan Negeri Pulpis, Bank Kalteng, Kantor Pengadilan Agama Pulpis, Samsat Pulpis, PDAM Kabupaten Pulpis, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pulpis.

Saat diwawancara Tabengan, Analis Dokumen Perizinan DPMPTSP Pulpis Qurtubi mengakui, masih ada beberapa masalah yang di hadapi, seperti personel. Selain itu ditambah jarak dari MPP ke Kantor Dinas cukup jauh.

Ia mencontohkan masalah absensi, maka pihaknya akan saling kejar-kejaran. Dengan permasalahan absensi khusus petugas yang di MPP, maka pihaknya mengharapkan ada solusi yang baik, sehingga yang bertugas di MPP akan mendapat kemudahan.

“Kalau perizinan ini kebanyakan secara online. Terkecuali kalau mau konsultasi mereka bisa kesini,” bebernya.

Dikatakan Qurtubi, di MPP sendiri menurutnya yang masih belum ada yakni personel pelayanan dan resepsionis.

“Untuk saat ini, manajemen MPP juga masih belum ada, termasuk belum ada komputer yang tersedia di beberapa tempat,” terangnya.

Qurtubi mengharapkan, MPP bisa berjalan optimal dan maksimal. Apa lagi menurutnya keberadaan MPP ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan di satu tempat, dan akan dilayani secara maksimal.

Di konfirmasi terpisah, Staf Kepesertaan dan Penagihan Iuran, BPJS Kesehatan Kabupaten Pulpis Hendra menyampaikan, sejak di mulai pelayanan hari pertama pada hari Selasa (12/11) ada sebanyak 4 pengunjung, Rabu (13/11) 13 pengunjung, dan Kamis (14/11) 4 pengunjung.

Hendra menyatakan, adanya pelayanan BPJS di MPP akan mempermudah pengunjung. Misalnya masyarakat yang mengurus ke Polres membutuhkan syarat kepesertaan aktif BPJS, maka setelah pengecekan dari talen Polres, selanjutnya ke talen BPJS, dan jika ada salah data kependudukan maka lanjut ke talen Disdukcapil.

“Untuk saat ini, sebagian masih terkendala instalasi, juga masih ada yang secara manual. Intinya, masih tetap dilayani di MPP ini,” jelasnya.

Menyikapi hal ini, tentunya masih cukup banyak yang perlu dibenahi, baik itu pelayanan MPP, petugas, instalasi jaringan dan lainnya. c-mye