Borneo  

DLU Berikan Santunan Penumpang KM Satya Kencana IX yang Terbakar

BANJARMASIN/tabengan.com – PT Dharma Lautan Utama (DLU) akan bertanggung jawab penuh atas peristiwa KM Satya Kencana IX yang terbakar. Seluruh penumpang akan menerima santunan, selain dari pihak asuransi.

“Ada uang kompensasi dari perusahan kepada pelanggan sebesar Rp 1 juta. Untuk yang barangnya kehilangan lebih lanjut akan kami hubungi,” terang Direktur Operasi dan Usaha PT DLU Rakhmatika Ardianto di Banjarmasin, Sabtu malam.

Menurut Rakhmatika, semua kendaraan penumpang di atas kapal diasuransikan. Jadi, selain menerima klaim ganti rugi asuransi, dari pihak perusahaan juga memberikan santunan yang besarannya akan dipikirkan lebih lanjut.

“Kami juga menyediakan fasilitas berupa pakaian ganti dan makan sebelum pulang ke tujuan masing-masing. Akomodasi untuk tempat menginap juga disediakan, termasuk yang ingin langsung melajutkan perjalanan kami siapkan sarana. Bahkan ada yang minta ke Surabaya, kami belikan tiket pesawat untuk kembali,” papar Rakhmatika didampingi Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi.

Mewakili perusahaan, dia pun mengucapkan belasungkawa atas korban meninggal satu orang, meski korban sebenarnya sudah sempat dilakukan evakuasi ke kapal Niki Sae menggunakan life jacket. Dimana korban diduga meninggal akibat kelelahan dan ada riwayat penyakit jantung.

Kantor SAR Banjarmasin menyatakan sepuluh unit kapal gabungan dari berbagai unsur telah dikerahkan untuk mengevakuasi penumpang KM Satya Kencana IX yang terbakar saat berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin pada Sabtu pagi.

“Kapal yang membantu proses evakuasi ada 10 kapal, terdiri dari kapal KRI Hiu dan Kumai milik TNI AL, kapal KN SAR Laksamana dari Basarnas,” kata Kepala Sub Seksi Sumber Daya Kantor SAR Banjarmasin Endrow Sasmita saat dihubungi Antara di Jakarta, Sabtu.

Ia merinci kapal lainnya yang turut dikerahkan, yakni Kapal KN Altair milik Disnav Banjarmasin, KNP 363 milik KSOP Banjarmasi, serta kapal dari operator pelayaran, PT Dharma Lautan Utama, yakni Kapal KM Niki Sae, KM Kumala dan Tug Boat Bina Marine 97.

Dalam proses evakuasi penumpang, KM Niki Sae membawa 141 orang dan kapal KM Kumala membawa 84 orang. Kedua kapal tersebut dalam perjalanan menuju Posko yang berada di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kapal KM Satya Kencana IX dengan rute Surabaya menuju Banjarmasin, dilaporkan terbakar pada posisi atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada Sabtu (4/8) pukul 05.35 WITA. ant