Ketua DPRD Apresiasi Touring Merah Putih

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Polda Kalimantan Tengah beserta seluruh jajaran Polres di wilayah hukumnya melaksanakan kegiatan Touring Merah Putih dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, pekan kemarin. Kegiatan touring yang dibagi 4 rayon ini, akan bertugas membentangkan bendera merah putih diatas sungai di rayon masing-masing dengan total sepanjang 10 km.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, yang turut hadir dalam kegiatan pembukaan dan pelepasan peserta touring merah putih di Taman Tugu Soekarno, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan kebangsaan seperti ini. Tentu tidak hanya dari lembaga legislatif, namun lembaga eksekutif pemerintah daerah sangat mendukung aksi yang berkaitan dengan semangat kenegaraan seperti ini.

“Semua elemen pemerintahan daerah sangat mendukung kegiatan yang menumbuhkan rasa nasionalisme, kebangsaan dan pancasila seperti ini. Tentu saja ini semua dalam rangka memperkuat ketahanan nasional kita. Dan jiwa nasionalisme kita kami yakini akan tumbuh di masyarakat dengan kegiatan seperti ini,” ungkapnya selepas mengikuti kegiatan pembukaan tersebut.

Sigit sendiri berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan pada tahun ini saja, namun bisa dilaksanakan secara berkesinambungan setiap menjelang perayaan kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus. Hal itu untuk memupuk rasa cinta tanah air generasi muda kepada tanah air khususnya Kota Palangka Raya. Dengan segala kemajemukannya, Kota Cantik ini harus memiliki generasi penerus yang memiliki jiwa nasionalisme.

“Generasi penerus harus turut merayakan, dan juga merasakan bahwa dalam meraih kemerdekaan tidak semudah yang dipikirkan, bahkan nyawa para pejuang menjadi taruhannya. Ini yang harus mereka pahami,” bebernya. Sigit juga berharap kepada pemerintah kota agar dimasa yang akan datang mampu menyediakan anggaran khusus untuk kegiatan kebangsaan seperti ini, sebab dengan kegiatan inilah rasa cinta tanah air sebagai masyarakat Indonesia akan terus terpupuk.

“Kalau perlu, silahkan pemerintah bersama pihak ketiga untuk membuat kegiatan seperti ini, dengan pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas. Agar kegiatan seperti ini terus ada secara berkesinambungan,” tutupnya. m-rgb