Pemkab Harap Tes CPNS Dilaksanakan di Masing-masing Daerah

NANGA BULIK/tabengan.com – Meski belum mengetahui ada atau tidaknya rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018 ini, namun jika seandainya ada, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau sangat berharap agar pelaksanaan tes bisa dilaksanakan di masing-masing daerah.

Hal itu seperti disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lamandau Marinus Apau saat dikonfirmasi awak media, Senin (13/8) kemarin.

“Sampai saat ini kita belum mengetahui apakah tahun ini kita dapat melakukan rekrutmen CPNS karena kita masih menunggu pembagian kuota dari pemerintah pusat,” katanya.

Harapannya, kata dia, tahun ini Pemkab Lamandau bisa melakukan rekrutmen CPNS. Terlebih jika melihat jumlah pegawai di Kabupaten Lamandau, dilihat dari peta jabatannya, masih kurang dan perlu ditambah.

Mantan Camat Sematu Jaya itu menuturkan bahwa pihaknya mendapat informasi untuk rekrutmen CPNS, khususnya di Provinsi Kalteng, tesnya akan dipusatkan di 2 daerah, yakni di Kabupaten Kobar dan Kota Palangka Raya.

“Informasinya begitu karena sarana dan prasarana tes dengan sistem Computer Assessment Test (CAT) yang diakui BKN (Badan Kepegawaian Negara) hanya di 2 daerah itu,” ujarnya.

Namun, sambung dia, harapan dari seluruh Kepala BKPSDM se-Kalteng, termasuk Kabupaten Lamandau, apabila pada tahun ini bisa merekrut CPNS, pelaksanaan tes tidak harus bergabung dengan daerah lain.

“Artinya, dengan sarana dan prasarana yang kita miliki, kita bisa melaksanakan tes CPNS di daerah masing-masing,” tegasnya.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan mengapa pihaknya menginginkan agar pelaksanaan tes CPNS bisa dilakukan di daerah masing-masing. Salah satunya jarak tempuh bagi para pelamar CPNS.

“Saya rasa akan lebih baik tes CPNS dilaksanakan di masing-masing daerah. Pertama, kasian kalau pelamar CPNS di Kabupaten Lamandau harus jauh-jauh ke Kobar atau Palangka. Toh kita di Lamandau sudah mempunyai sarana dan prasarana CAT yang dibutuhkan,” ujarnya.c-kar