Sektor Pariwisata Perlu Dibenahi

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sektor pariwisata menjadi salah satu fokus pemerintah, dalam menunjang pembangunan. Potensinya bisa saja menjadi daya tarik dan pemasukan bagi daerah. Hal itu mendapat tanggapan dari Legislator dari PDIP Ina Prayawati.

Pihaknya optimistis sektor wisata menjadi salah satu lini terpenting, dalam pelaksanaan pembangunan. Untuk itu dirinya berharap agar sektor itu, terus dibenahi oleh pemerintah daerah. Tentunya secara bertahap, hingga benar-benar optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti sarana penunjang.

Sebut saja penginapan, sarana umum seperti parkir, kamar mandi/wc, keselamatan, tempat ibadah, rumah makan, hingga fasilitas pendukung lainnya. Mantan Bupati Katingan dua periode itu mencontohkan seperti di beberapa daerah. Sebut saja objek wisata pesisir, yang hingga saat ini menjadi destinasi masyarakat disana. Ketika libur tiba, objek itu selalu dipadati pengunjung.

Dirinya berharap potensi seperti itu yang harusnya terus dimanfaatkan. “Oleh karena itu sarana prasarananya jangan dibiarkan begitu saja, namun harus terus berkembang, agar masyarakat yang datang tidak jera,” ujar wakil rakyat dari Dapil I tersebut. Selain itu dirinya juga mengingatkan, hal penting lain menyangkut kebersihan objek wisata.

Sampah-sampah yang ada, harus menjadi perhatian dan dibersihkan. Persoalan itu memang menjadi hal yang masih memprihatinkan. Diharapkan upaya kesadaran yang wajib dilaksanakan pengunjung, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ditegaskannya, pihak pengelola tidak lupa memberikan himbauan serta sarana pembuangan sampah.

Pihaknya juga meyakini, objek wisata alam di Kalteng cukup banyak. Tinggal bagaimana mengembangkan dan memanfaatkannya saja. Tentunya dengan pengelolaan, manajemen yang baik dan benar. Masyarakat jelas membutuhkan wadah yang indah dan nyaman, untuk bersantai bersama keluarga ketika liburan.

Peluang-peluang seperti itu, harus bisa dilirik oleh para pelaku pariwisata di Kalteng. Tentunya jajaran pemerintah dimasing-masing daerah. Bagaimana triknya, ujar dia, agar bisa menjadikan daya tarik dan magnet bagi masyarakat lokal serta luar. Wakil rakyat dari Fraksi PDI-P itu juga menyambut baik keinginan eksekutif, dalam mengembangkan objek wisata. drn