Dewan Minta Pemko Pantau Harga Bahan Pokok

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Tidak bisa dipungkiri jika setiap menjelang akhir tahun, maka harga komoditas bahan pangan trendnya mengalami kenaikan. Hal tersebut didasarkan pada tingginya permintaan akan kebutuhan pokok oleh masyarakat.

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya Ruselita mengatakan, jika pihaknya akan terus memantau kondisi dan persediaan bahan pokok dipenghujung tahun 2019.

Memang tidak bisa kita pungkiri, harga komoditas tertentu kerap melonjak setiap menjelang akhir tahun seiring tingginya permintaan dan sesuai dengan hukum pasar, dan hal ini sulit dihindari. “Kami dari DPRD juga akan terus membantu memantau sekaligus mencermati kestabilan ataupun indikasi adanya kecenderungan kenaikan harga. Intinya bisa saja naik, namun normatif tidak berlebihan,” katanya kepada Tabengan, Jumat (1/11).

Namun terlepas dari itu semua, lanjutnya, maka yang harus perlu diperhatikan saat ini yaitu bagaimana upaya memantau stabilitas harga barang sekaligus menekan harga barang kebutuhan pokok tersebut akar tidak melonjak melebihi kemampuan beli masyarakat menjelang akhir tahun.

“Pemerintah daerah melalui instansi terkait bisa melakukan pemantauan secara dini, mendata dan melaporkan setiap saat harga komoditas yang terindikasi rawan mengalami naik,” ujarnya.

Politisi Partai Perindo ini menekankan, dengan adanya pemantauan secara dini, maka akan ada upaya mengantisipasi dan menekan jangan sampai terjadi lonjakan harga komoditas kebutuhan pokok yang sangat tinggi.

Dirinya pun mengakui jika tingginya harga dari sejumlah komoditas selama ini, lebih dipengaruhi akan tingginya permintaan serta ketersediaan dari komoditas atau bahan pangan itu sendiri. “Salah satu contohnya seperti ayam potong, di mana sejauh ini masih menjadi perhatian serius banyak pihak. Karena bila berkaca dari tahun sebelumnya harga komoditas ini setiap mendekati akhir tahun selalu terjadi lonjakan harga. Terutama menjelang perayaab Natal maupun Tahun baru. Maka itu setidaknya ada upaya menekan, agar harga jual dipasaran tidak jauh meroket, artinya bisa saja naik, namun masih diharga yang wajar,” tambahnya. rgb