Perhatikan Kualitas Tenaga Medis

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sektor kesehatan dirasa sangat penting, mengingat dampaknya bagi penunjang pembangunan. Namun di sejumlah daerah masih banyak keluhan, seputar minimnya tenaga medis yang memerlukan penambahan. Salah satu daerah yang juga kekurangan pada lini itu adalah Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan.

Berbagai keluhan serta usulan disampaikan masyarakat, disela kunjungan dalam daerah. Menurut wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan dan Gunung Mas Evi Kahayanti, konstituen menyampaikan sejumlah keinginan dan usulan. Sebut saja soal rumah dinas serta kekurangan tenaga medis.

“Mereka menyampaikan rumah perawat/paramedis, yang perlu pembenahan secara maksimal,” ujarnya kepada awak media belum lama ini. Rumah yang berlokasi tepat di belakang Puskesmas Baun Bango, diharapkan mendapat tindaklanjut perbaikan maksimal.

Lalu disampaikan juga untuk sejumlah desa paling ujung dari Kecamatan Kamipang, yang belum memiliki tenaga perawat. Memang beberapa diantaranya memiliki bidan. Ada juga sejumlah Pustu di wilayah itu, yang tidak memiliki petugas medis atau perawatnya sama sekali.

Lalu di Puskesmas induk saja, pihaknya tidak hanya kekurangan tenaga kesehatan saja. Namun juga administrasi dan lainnya. “Usulan agar ada penambahan atau rekrutmen selalu saja pihaknya sampaikan ketika Musrenbang, namun hingga saat ini belum ada tindaklanjut atau respon ke arah itu,” ujar Anggota Komisi III yang membidangi pendidikan, kesehatan dan lainnya tersebut.

Maka untuk itu pihaknya berharap agar persoalan ini mendapat tindaklanjut positif dari eksekutif. Jangan sampai persoalan kekurangan atau hal lainnya tidak mendapat tindaklanjut, mengingat pentingnya keberadaan tenaga medis, dalam suatu wilayah.

Lalu soal rumah dinas juga memiliki sifat yang vital, dalam menunjang kinerja dari jajaran para tenaga medis ataupun tenaga pengajar. “Ini merupakan hal yang krusial, mengingat betapa pentingnya perbaikan dan rehab rumah dinas, agar kualitas kesehatan ataupun pendidikan bisa lebih baik,” pungkasnya.drn