Dorong Pemerintah Awasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Kalangan DPRD Kota Palangka Raya mendorong pemerintah kota (Pemko) setempat segera mengambil langkah- strategis terkait mulai naiknya harga sejumlah barang kebutuhan pokok.

Seperti dikatakan Anggota Komisi B Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H M Khemal Nasery. Ia meminta pemerintah lebih peka dan mengetahui dinamika di tengah masyarakat ketika harga kebutuhan pokok di pasaran mengalami kenaikan.

Tidak hanya soal mencari akar penyebabnya, namun ia juga mendorong agar pemerintah harus memiliki solusi untuk menstabilkan harga menjadi normal.

“Sebab bahan pokok merupakan bagian dari kebutuhan dasar masyarakat sehari-hari, sehingga ketika ada kenaikan harga, tentu ini akan menjadi problematika. Terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah, maka dari itu pemerintah harus memerhatikan dan cepat tanggap mengatasinya,” katanya, kemarin.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, pemerintah juga harus memastikan tidak ada lagi aksi pemimbunan bahan pokok oleh oknum pedagang atau spekulan. Sebab kondisi tersebut akan mempengaruhi kestabilan harga dan memperburuk keadaan disertai dengan kelangkaan bahan pokok.

Ditambahkannya, untuk jalur distribusi wajib pula diperhatikan. Mengingat sebagian besar kebutuhan pokok di Kota Palangka Raya dan sekitarnya, masih bergantung stok dari luar daerah. Jika distribusi terganggu, tentu akan memengaruhi harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di pasaran.

“Kita mengkhawatirkan juga jika ada oknum yang memanfaatkan isu virus corona kemudian menimbun kebutuhan pokok. Inilah yang harus diawasi pemerintah, jangan sampai terjadinya musibah corona ini berdampak buruk terhadap perekonomian derah,” katanya.rgb