Nanang Dukung Sistem Pemilu Terbuka

Nanang Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID– Nanang Suriansyah SP, Wakil Ketua (Waket) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan sangat mendukung Pemilihan Umum (Pemilu) proporsional terbuka. Pernyataan ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Kamis (23/2).

Menurut Nanang, Pemilu proporsional terbuka bukan hanya calonnya yang menginginkan, tapi masyarakatnya pun dapat mengetahui orang yang akan dipercaya untuk mewakili masyarakat dalam menyuarakan keinginan masyarakat.

“Artinya, jika yang terpilih nanti orangnya sudah dikenalnya dengan baik dan dipercaya, maka anggota dewan tersebut dipastikan dapat memerhatikan aspirasi masyarakat,” kata Nanang.

Terkait dengan pencoblosan di saat hari H pada Pemilu Legislatif (Pileg) dalam sistem Pemilu proporsional terbuka dimaksud, menurut Nanang, masyarakat tidak ragu lagi mencoblosnya. Karena, nama calon yang bakal dicoblosnya sudah terlihat, sehingga masyarakat bisa langsung mencoblosnya di dalam Tempat Pemilihan Suara (TPS) nantinya.

Intinya, jika sudah diketahui namanya, meskipun berasal dari partai politik (parpol) mana pun, yang terpenting masyarakat sudah mengetahui bahwa nama yang bersangkutan selain benar-benar dikenalnya, juga dapat dipercaya untuk menjalankan amanah masyarakat, pasti dicoblosnya.