Dewan Ingatkan Pemudik Hati-hati Menjalankan Kendaraan

RUSAK- Jalan antara Tumbang Lahang, Tewang Panjang, Petak Puti Kecamatan Katingan Tengah masih menjadi alternatif bagi kendaraan roda empat tonase 8 ton ke atas. Padahal, badan jalannya sedang dalam keadaan rusak. TABENGAN/ARIS MUNANDAR

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID– Tidak terasa, ibadah puasa yang dijalankan oleh umat Muslim di Kabupaten Katingan pada Ramadan 1444 H/2023 ini sudah mencapai 15 hari. Berarti, tinggal 15 hari lagi. Waktu 15 hari tersebut juga tidak terasa saat kita jalani.

Dan, mendekati hari raya Idul Fitri 1444 H nanti, tidak semua masyarakat yang tinggal di Kasongan berlebaran di Kasongan, tapi ada pula sebagian yang berlebaran ke tempat kelahirannya, baik ke ibu kota kecamatan, ke bagian hulu maupun ke bagian hilir. Bahkan di luar dari Kabupaten Katingan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono SSos ketika dibincangi terkait hal tersebut, Rabu (5/4) siang, mengingatkan kepada pemudik, terutama kepada umat Muslim yang sedang pulang kampung (pulkam) untuk merayakan hari Idul Fitri 1 Syawal 1444 H bersama keluarganya agar berhati-hati dalam menjalankan kendaraannya.

“Baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat,” ingat Rudi.

Karena, di situasi menjelang Lebaran atau hari Idul Fitri ini menurut Rudi, sudah menjadi tradisi masyarakat kita pulkam untuk merayakannya bersama keluarga besarnya di daerah masing-masing.

Dengan banyaknya masyarakat yang pulkam, secara otomatis saja pada waktu yang bersamaan dipastikan banyak kendaraan yang juga hilir-mudik di jalan yang sama.

“Untuk itulah, bagi pengendara perlu ekstra hati-hati,” ujar legislator Partai Golkar ini.