Perlu Persiapan Matang Sebelum Mudik

Fahrul Razie, Waket II DPRD Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID- Ramadan tahun ini merupakan bulan Ramadan yang lebih ramai dari tahun 1442 H/2021 M dan tahun 1443 H/2022 M yang lalu. Karena, Ramadan 1444 H/2023 M ini, khususnya di Kabupaten Katingan tanpa adanya serangan virus corona (Covid).

Dari awal Ramadan atau sejak umat Muslim menjalankan ibadah puasa, hingga di hari ke 19 ini bukan ibadah puasanya saja yang berjalan aman dan lancar, melainkan juga ibadah salat Tarawih di puluhan masjid. Umat Islam berbondong-bondong pergi ke masjid dan ke surau untuk melaksanakan salat Tarawih.

Begitu pula bagi masyarakat Katingan yang akan mudik ke kampung atau ke tempat kelahirannya menjelang hari raya 1 Syawal 1444 H/2023 nanti, mereka diberikan keleluasaan untuk pulang kampung (pulkam), guna merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga besarnya.

Dalam pulkam inilah, Wakil Ketua (Waket) II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Fahrul Razie mengingatkan kepada masyarakat Katingan yang ingin mudik menjelang hari Idul Fitri 1444 H, agar melakukan persiapan dengan mateng.

Peringatan ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, Senin (10/4), di ruang kerjanya. “Jika persiapannya sudah matang, tentu saja berjalan lancar, selamat di perjalanan hingga ke tujuan,” ujar legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Selanjutnya, bagi masyarakat yang sedang tidak enak badan atau sedang sakit dirinya menyarankan, sebaiknya ditunda dulu. Setelah sehat baru dilaksanakan. Begitu pula, ketika di perjalanan mengantuk, sebaiknya isterahat dulu beberapa jam atau puluhan menit, sambil menyiram mukanya dengan air tawar.

“Setelah fit, perjalanan bisa dilanjutkan lagi,” katanya, seraya mengimbau dalam menjalankan kendaraannya jangan terlalu kencang. Yang penting sampai di tempat tujuan dalam keadaan selamat.

Kemudian, kepada Dinas Perhubungan dan Perikanan (Dishubkan) terutama bidang jalan, lanjutnya, agar selalu siap berada di jalan untuk mengatur alur lalulintas lebih ekstra dari hari-hari biasa. Pasalnya, jelang Lebaran sudah menjadi kebiasaan, kendaraan roda empat dan roda dua yang berlalulintas di Jalan Trans Kalimantan di lintasan Kabupaten Katingan dipastikan lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Karena, bukan hanya masyarakat Katingan, tapi juga dari berbagai daerah, yang pulkam dipastikan melalui alur lintas jalan di daerah ini.

“Sehingga, Dishubkan bersama aparat Polantas perlu melakukan pengaturan lebih ekstra,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi Wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. c-dar