Dewan Minta Puluhan PPL Ditempatkan di Wilayah Hulu

Supriadi, Anggota DPRD Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID– Supriadi, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan minta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) untuk menempatkan puluhan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di sejumlah wilayah kecamatan bagian hulu Katingan.

Permintaan ini diungkapkannya kepada sejumlah awak media, di ruang lobi DPRD setempat, Kamis (13/4) pagi.

Alasannya, di enam wilayah kecamatan bagian hulu Katingan, seperti Kecamatan Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit, Katingan Hulu, Petak Malai dan Bukit Raya menurut Supriadi banyak program dan kegiatan yang berkaitan dengan pertanian, perkebunan dan peternakan yang merupakan usaha masyarakat selama ini mengalami kegagalan.

“Salah satu yang mengakibatkan kegagalan tersebut adalah kekurangan PPL yang ditempattugaskan di wilayah tersebut,” kata legislator PDI Perjuangan ini.

Buktinya, ketika masyarakat memelihara hewan jenis unggas ataupun piaraan lainnya, sebelum menuai hasilnya tiba-tiba hewan tersebut terserang penyakit. Oleh karena belum mengetahui penyebab dan ketiadaan PPL, sehingga hewan piaraan tersebut dibiarkannya saja, hingga mengalami kematian.