Puluhan THL RS Pratama Belum Terima Gaji

Muhamad Efendi, Anggota DPRD Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID – Puluhan perawat dan bidan berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) di Rumah Sakit (RS) Pratama Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan belum menerima gaji bulan Juni 2023.

Hal ini terungkap ketika anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Muhamad Efendi melakukan pemantauan ke RS tersebut dalam rangka reses, pekan lalu.

“Begitulah yang diungkapkannya, mereka belum menerima gaji bulan Juni 2023,” kata Efendi kepada sejumlah awak media, Jumat (14/7/2023).

Sekadar diketahui, kata Efendi, pegawai honor atau THL, tidak seperti pegawai yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki gaji jauh lebih besar dari THL, yang hanya berharap gaji harian dan dibayar setiap bulannya.

“Artinya, jika pembayarannya tertunda, bagaimana nasib mereka yang berstatus THL, yang tidak memiliki tunjangan apa-apa ini,” tanya Efendi.

Saat ditanyakan lebih lanjut kepada mereka, menurut Efendi, yang belum menerima gaji pada bulan Juni 2023 itu sekitar 50 orang perawat dan bidan. Oleh karena itu, jika memang benar belum bisa membayar gaji mereka, sebaiknya instansi yang berwenang menjelaskannya kepada mereka tentang penyebab atau kendalanya.

“Sehingga mereka mengetahui kejelasannya, kapan dibayar,” ujar legislator Partai Demokrat ini.