Berharap Dinkes Anggarkan Pengadaan Ambulans dan Genset untuk RS Pratama

Muhamad Efendi, Anggota DPRD Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Muhamad Efendi berharap kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan anggarkan pengadaan mobil ambulans, untuk mendukung operasional Rumah Sakit (RS) Pratama di Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

Karena menurut Efendi, mobil ambulans yang digunakan saat ini statusnya milik Puskesmas Tumbang Samba. Karena itu, RS Pratama juga harus memiliki mobil ambulans sendiri. Sehingga, jika ada pasien yang harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar di Kasongan atau keperluan mendadak lainnya, tidak meminjam mobil ambulans dari Puskesmas Tumbang Samba lagi. Tapi, cukup menggunakan ambulans sendiri.

“Begitu pula dengan sopirnya, harus sopir dari RS Pratama yang berstatus pegawai setempat,” kata Efendi kepada sejumlah awak media, Senin (17/7/2023) siang.

Terkait dengan pengadaan genset, menurutnya, memang sangat dibutuhkan oleh rumah sakit sekelas RS Pratama ini. Karena, yang datang ke RS tersebut bukan hanya masyarakat yang hanya rawat jalan, tapi banyak juga yang rawat inap. Sehingga, genset merupakan salah satu syarat alternatif, jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman atau padam mendadak lantaran terjadinya kerusakan di aliran listrik PT PLN.