Dewan Minta Logistik Pilkades Dilakukan Pengecekan

Budy Hermanto, Anggota DPRD Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Budy Hermanto minta kepada panitia Pilkades tingkat Kecamatan di masing-masing kecamatan agar melakukan pengecekan logistik yang didistribusikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMDes) Kabupaten Katingan.

Begitu pula, lanjutnya, panitia Pilkades dari desa masing-masing, ketika menerima logistik, juga harus dilakukan pengecekan. Baik jumlah kotak suara, isi kertas suara maupun administrasinya.

“Sehingga, jika ada kertas suara yang kurang atau administrasinya kurang lengkap, bisa dikoordinasikan ke dinas yang bersangkutan,” kata Budi, Senin (23/10), di ruang lobi DPRD setempat.

Tujuannya menurut legislator Partai Gerindra ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki di saat hari H ataupun setelah penghitungan suara kelak. Sebab, jika ada masyarakat yang komplain lantaran kurangnya kertas suara di saat berlangsungnya pencoblosan tentu saja akan mempersulit panitia itu sendiri.

“Dengan demikian, sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum ditandatangani bukti surat terimanya,” ingatnya.

Kemudian, dirinya juga mengingatkan kepada panitia Pilkades di masing-masing desa agar berlaku jujur dan adil (jurdil). Maksudnya, jangan sampai memihak ke salah satu calon kepala desa (cakades).

Selanjutnya, agar berlangsungnya Pilkades serentak di bumi Penyang Hinje Simpei ini berjalan aman, tertib dan kondusif, kepada masyarakat di masing-masing desa sebagai pemilih agar mentaati semua aturan dan perundang-undangan yang sudah dibuat oleh pemerintah.

“Semoga berjalan aman, tertib dan kondusif sesuai apa yang kita inginkan bersama,” harap anggota dewan asal dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Tasik Payawan, Kamipang, Mendawai dan Katingan Kuala ini.

Sekedar di ketahui, kata Budy, Hari ini, Senin (23/10) bertempat di halaman kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMDes) Kabupaten Katingan, Pj Bupati Katingan, Syaiful telah melepas rombongan untuk mendistribusikan sejumlah logistik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). c-dar