Kelola Koperasi dengan Baik dan Profesional

Wakil Ketua II DPRD Barsel Nyimas Artika bersama dengan Ketua Puspa Barsel. ISTIMEWA

BUNTOK/TABENGAN.CO.ID – Wakil Ketua II DPRD Barsel Hj Nyimas Artika mengatakan, begitu penting dan strategisnya peranan koperasi untuk masa kini dan masa depan, maka koperasi diharapkan mau dan mampu menerima perubahan sejalan dengan perkembangan zaman.

Serta persaingan global dengan tidak mengabaikan prinsip dasar koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Oleh sebab itu, maka  koperasi seharusnya dikelola dengan baik dan profesional,” ujar Nyimas Artika kepada wartawan, beberapa hari lalu.

Teteh sapaan akrabnya itu juga mengatakan, koperasi yang kurang profesional akan berdampak pada kerugian yang meluas bagi koperasi itu sendiri maupun citra buruk koperasi secara keseluruhan, karena kelangsungan usaha koperasi sangat tergantung pada citra baik atau kepercayaan masyarakat dan anggotanya.

Politisi Partai Golkar Barsel itu menambahkan,  berdasarkan data yang ada jumlah KSP atau USP yang ada di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) berjumlah ratusan lebih unit yang tersebar di 6 kecamatan Kabupaten Barsel.

“Dan dilihat dari kuantitas tentu kita bangga bahwa masyarakat kita telah sadar untuk berkoperasi, namun yang tidak kalah penting dan yang perlu ditingkatkan adalah kualitas koperasi yang ada, dapat menjalankan perannya sebagai suko guru perekonomian masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, pelatihan kepada koperasi harus terus dilakukan pada tahun 2024 yang akan datang  dalam rangka meningkatkan kualitas penatausahaan dan pengelolaan koperasi serta guna mempersiapkan koperasi yang sehat dan mandiri dengan motto koperasi sehat rakyat sejahtera. c-dan