Kades Diminta Kelola ADD dengan Baik

BERSAMA- Ketua Komisi I DPRD Barsel Jarliansyah foto bersama dengan sejumlah anggota DPRD Barsel. ISTIMEWA

BUNTOK/TABENGAN.CO.ID – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Jarliansyah meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten Barsel untuk dapat mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) yang diberikan oleh pemerintah dengan baik, sehingga menunjang pelaksanaan pemerintahan desa secara optimal.

“Kades  dalam penggunaan dananya diminta untuk selalu transparan dan dapat pertanggungjawabkan, agar  tidak menimbulkan kecurigaan dan kecemburuan di masyarakat desa itu sendiri,” kata Jarliansyah, kepada wartawan, beberapa hari lalu.

Jarli sapaan akrabnya itu menambahkan, mekanisme perencanaan pembangunan tingkat desa,  ADD dapat digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat secara tepat sasaran.

Dengan adanya ADD tersebut, maka sumber daya manusia (SDM) di tingkat pedesaan diharapkan dapat lebih maju dan mampu memberikan terbaik bagi desanya sendiri.

Dan apabila SDM masyarakat desa maju, pastinya akan mampu bersaing di era globalisasi saat ini, karena maju dan mundurnya pembangunan di sebuah desa merupakan tanggung jawab yang besar dari Kades, aparat pemerintahan desa serta masyarakatnya sebagai objek dari pembangunan itu sendiri.

Sebab itu, kata dia, diharapkan peran aktif dan keikutsertaan seluruh komponen pemerintahan dan kelembagaan masyarakat yang ada di desa dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan mapun dalam hal mengawasi pelaksanaan pembangunan di desa melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD).c-dan