RSJ Kalawa Atei Siap Tampung Caleg Gagal 

dr Seniriaty, Direktur RSJ Kalawa Atei

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID- Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei yang terletak di Jalan Trans Kalimantan Palangka Raya-Kuala Kurun km 16, Desa Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), siap melayani dan menampung masyarakat yang mengalami gangguan mental, termasuk para caleg gagal.

Seperti diketahui, pesta demokrasi 2024 mendatang selain mengandung aspek politis, juga memiliki aspek sosiologis dan psikologis bagi masyarakat selaku pemilih, maupun para kontestan yang bertarung sebagai calon anggota legislatif (caleg).

“Fenomena caleg gagal sudah biasa menjadi topik hangat yang ikut merebak setiap kali Pemilu legislatif digelar di Indonesia. Menghadapi kemungkinan adanya caleg gagal yang berujung pada masalah kesehatan mental akibat kekecewaan dan depresi, pada dasarnya RSJ Kalawa Atei selalu siap melayani dan memberi perawatan sesuai kebutuhan dan tingkat keparahannya,” kata Direktur RSJ Kalawa Atei dr Seniriaty dalam rilis kepada Tabengan, Rabu (29/11).

Dijelaskannya, RSJ Kalawa Atei memang tidak melakukan persiapan secara khusus untuk menghadapi fenomena caleg gagal, tetapi sudah menjadi komitmen RSJ untuk selalu berupaya memberi pelayanan kesehatan jiwa paripurna melalui tenaga-tenaga kesehatan yang bekerja di RSJ Kalawa Atei, seperti Psikiater, Psikolog, Spesialis Saraf dan lain sebagainya.

Selain itu, jelas Seniriaty, RSJ Kalawa Atei juga menyediakan layanan Rawat Jalan, Rawat Inap kelas 3 sampai kelas VIP, layanan konseling Psikologis dan layanan Rehabilitasi Psikososial yang diharapkan dapat membantu memulihkan kesehatan mental masyarakat yang membutuhkan, termasuk para caleg yang belum berhasil menduduki kursi legislatif di tahun 2024 mendatang.

Saat ini di RSJ Kalawa Atei juga memiliki beberapa layanan unggulan lainnya seperti Rehabilitasi Medis, Rehabilitasi NAPZA dan Adiksi, serta Layanan Subspesialis Anak dan Remaja, dengan jadwal pelayanan rawat jalan setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB.

“Layanan-layanan ini tidak hanya untuk caleg gagal, namun seluruh masyarakat yang memerlukan layanan kejiwaan. Untuk lebih lengkapnya mengenai layanan RSJ Kalawa Atei dapat mengunjungi sosial media kami di Instagram, Facebook dan Youtube di @rsj.kalawaatei,” pungkasnya. ist/hil