Pemilu Semakin Dekat, DPRD Ajak Masyarakat Tidak Golput

Fakhrudin, Anggota DPRD Katingan

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID- Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 kian dekat. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Fakhrudin ST ajak seluruh masyarakat Katingan yang memiliki hak suara tidak golput, tapi datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Februari 2024 yang akan datang untuk menggunakan hak suaranya dalam memilih calon legislatif (caleg) dan calon presiden (capres) – cawapres.

Karena pesta demokrasi lima tahun sekali ini, menurut Fakhrudin, untuk menentukan wakil-wakil rakyat yang akan menentukan nasib rakyat di Republik Indonesia (RI) pada umumnya dan menentukan nasib masyarakat yang ada di daerah serta di kabupaten dan kota pada khususnya selama lima tahun ke depan. Begitu pula dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

“Oleh karena itu, sempatkanlah datang ke TPS pada hari yang telah ditentukan nanti,” katanya di Kasongan, baru-baru ini.

Sedangkan siapa yang dipilih, baik dalam Pileg di DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Kalteng maupun DPRD Kabupaten Katingan serta pasangan Presiden dan Wakil Presiden, itu semua tergantung pilihannya masing-masing.

“Pemilu di tanah air kita menganut pemilu bebas, rahasia, jujur dan adil (luber dan jurdil),” ujarnya.

Istilah luber dan jurdil, imbuh legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini, masing-masing Warga Negera Indonesia (WNI) dipersilakan untuk memilih siapapun caleg dan kandidat pasangan capres dan cawapresnya, tanpa ada paksaan, melainkan sesuai hati nuraninya masing-masing.

Terkait dengan hak suara, mesipun hanya satu suara, sangat menentukan pembangunan kita ke depan, baik secara nasional maupun regional dan daerah kabupaten dan kota. Termasuk di daerah Kabupaten Katingan.

“Oleh karena itu, gunakanlah hak suara anda di dalam pemilu di tahun 2024 mendatang,” ajaknya.

Sedangkan istilah pembangunan, menurutnya, bukan saja pembangunan fisik seperti gedung perkantoran dan pembangunan jalan serta pembangunan tempat pendidikan dan tempat ibadah, tapi pembangunan secara menyeluruh. “Begitu pula pembangunan ekonomi, yaitu secara menyeluruh, hingga dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat,” jelas anggota dewan asal dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. dar