Elektabilitas Calon DPR RI Andina Narang Melejit 

* Survey Social Media Engagemen

Ahmad Hady Surya

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID- Pemilu Legislatif (Pileg) Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah banyak diisi pendatang baru. Setidaknya terdapat beberapa kandidat merupakan calon-calon baru yang sebelumnya belum pernah mencalonkan diri di level pusat.

Sebagaimana diketahui, Dapil Kalimantan Tengah mendapatkan jatah 6 kursi DPR RI.

Kaltengpedia sendiri dalam tahun 2023 ini 2 kali merilis survei elektabilitas Calon DPR RI Kalteng. Laporan survei ini meliputi Elektabilitas Insight Digital dan yang terbaru Social Media Engagement yang menyebutkan pendatang baru seperti H. Nadalsyah (Demokrat), Andina Thresia Narang (NasDem), Risky Aditya Putra (Gerindra), dr. Andrew Lienata (PSI) namanya melejit dan mampu bersaing di survei ini.

“Dua lainnya tetap dihuni oleh petahana, yaitu Agustiar Sabran dan Willy Midel Yoseph. Untuk survei pertama sudah kami umumkan minggu kemarin, yaitu berdasarkan Insight Digital,” ungkap Direktur Eksekutif sekaligus CEO Kaltengpedia, Ahmad Hady Surya dalam keterangan rilisnya, Jumat (29/12/2023) malam.

Dijelaskan Hady, Insight Digital yang dilakukan adalah sebuah nilai hasil dari pemberitaan caleg pola dan tren media sosial yang diperoleh dari data caleg masing masing yang terkumpul. Manajemen kampanye digital yang dianalisis selama 3 bulan merupakan proses untuk mempromosikan para caleg dengan berisikan pesan caleg dan pengenalan caleg melalui digital, karena di era digital yang terus berkembang, perilaku masyarakat pemilih telah mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Masyarakat kini lebih aktif dan memiliki kecenderungan untuk lebih banyak berinteraksi di media sosial dengan mengenali caleg yang ada mendengarkan visi misinya dan memahami tujuan caleg mencalonkan diri.

“Survei pertama ini kami dapatkan 10 nama besar caleg DPR RI yang Insight Digitalnya tinggi, yaitu yang pertama H Nadalsyah disusul Drs Muhktarudin, dr Andrew Lienata dan beberapa nama lainnya.

Karena ini Insight Digital analisis kami tidak memberikan presentasi persen, analisis kami tidak kami publikasi untuk presentasi datanya. Kami sampai mendekati pemilihan tetap melakukan survey yang nantinya kami mulai dari awal januari sampai akhir januari 2024,” jelasnya.

Yang terbaru, lanjut Hady, Survey Social Media Engagement pemilih muda sebagai salah satu faktor kunci yang menentukan kesuksesan para caleg kampanye pemasaran di media sosial. Karena menurut survey analis Kaltengpedia sendiri 30 Persen Pemilih Muda di Kalimantan Tengah Menolak Politik Dinasti DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Engagement sendiri merupakan interaksi antara caleg dan juga tanggapan pemilih muda terhadap caleg yang di-posting oleh sebuah akun media sosial apapun.

“Karena social media engagement pemilih muda yang kami survey per caleg di setiap partainya dan beberapa caleg yang Lebih memahami audiens pemilih mudanya: kita bisa menilai mana caleg yang memiliki engagement tertinggi di media sosial berdasarkan beberapa hastage, kata kunci dan seo pencarian, itu berarti lebih diminati dan sesuai dengan audiensnya,” paparnya.

Selanjutnya caleg hanya perlu membuat konten dengan formula yang sama. Hal ini meningkatkan engagement caleg tinggi, apalagi Kalimantan Tengah didominasi pemilih muda milenial paling tinggi. di Kalteng yang mencapai 36,5% yaitu 706.175 pemilih sesuai DPT Pemilih Kalteng 2024 oleh KPU. Data yang dikumpulkan selama Oktober s.d Desember sangat berbanding jauh dengan data survey sebelumnya yang mana didominasi para caleg muda.

“Untuk 10 besar nama yang kami dapatkan berdasarkan survey Social Media Engagement pemilih muda ini adalah: Drs Mukhtarudin (Golkar) sang petahana DPR RI dengan 21%, disusul nama baru ANDINA THRESIA NARANG, B.Comm. (NasDem) 20%, H. NADALSYAH (Demokrat) 12%, dr. ANDREW LIENATA(PSI) 11%, H. MUHAMMAD RAKHMAN, S.E., S.T., M.A. (NasDem) 10%, Dr. Ir. WILLY MIDEL YOSEPH, M.M. (PDIP) 9%, RIZKY ADITYA PUTRA, S.E., M.M. (GERINDRA) 7%, HABIB ISMAIL BIN YAHYA (PKB) 5%, DIKKI AKHMAR, S.Si., M.M. (PKS) 3%, MUHAMMAD SYAUQIE, S. Hut. (PAN) 2%.

Direktur Eksekutif sekaligus Ceo Kaltengpedia Ahmad Hady Surya menambahkan, caleg pendatang baru yang masuk dalam 10 besar cukup memengaruhi nama nama besar. Pihaknya akan terus melakukan 2 survei ini yaitu Survey Insight Digital dan Social Media Engagement pemilih muda di Januari sampai mendekati hari H Agar mendapatkan fakta yang berasal dari analisis yang ada dan mencari keterangan faktual yang berasal dari kelompok, daerah dan lainnya yang berada di digital Kalimantan Tengah.

Posisi Kaltengpedia di survei ini netral. Tidak berimbang ke mana. Hanya berdasarkan data analisis.

Kaltengpedia adalah blog yang bertransformasi menjadi media warga (citizen media). Di sini, orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video.

Kaltengpedia menampung konten dari lapisan masyarakat dan latar belakang budaya, hobi, serta profesi. Kalteng Pedia juga melibatkan kalangan jurnalis Indonesia dan para tokoh masyarakat, pengamat serta pakar dari berbagai bidang, keahlian dan disiplin ilmu untuk ikut berbagi informasi, pendapat dan gagasan. Ist/hil