Asdy Narang Kejutan Survei Elektabilitas Caleg DPRD Kalteng

CEO Kaltengpedia Ahmad Hady Surya memaparkan hasil survei terbaru elektabilitas Caleg DPRD Kalteng. ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Kaltengpedia kembali merilis hasil terbaru survei elektabilitas para calon anggota legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu, 14 Januari 2023.

Dalam survei yang dirilis, terdapat 10 nama Caleg dengan elektabilitas tertinggi yang berpeluang menduduki kursi DPRD Kalteng di pemilu 14 Februari 2024 mendatang berdasarkan hasil survei Insight Digital Periode 6-12 Januari 2024.

Dimana elektabilitas Arton S Dohong PDIP dari Dapil I masih bertahan menduduki urutan teratas dengan perolehan 54,561 persen.

Di posisi ke dua saat ini ditempati oleh Heru Hidayat dari PKS Dapil I dengan perolehan 53.892 persen, berhasil melewati para pesaing di lima besar dari survei sebelumnya.

Untuk di urutan ke tiga di tempati Wiyatno dari PDIP Dapil 5 dengan perolehan 52,171 Persen, yang sebelumnya menempati posisi kedua pada hasil survei sebelumnya.

Lalu di urutan ke empat ada Untung Jaya Bangas dari Partai Demokrat dapil I dengan perolehan 51,055 persen, menurun dari hasil survei sebelumya.

Kemudian di urutan ke lima ada Asdy Narang dari Partai NasDem Dapil I 50,742 persen, cukup mengejutkan karena mengungguli rival sang Ketua Partai NasDem.

Sedangkan di urutan ke enam hingga sepuluh ada Faridawaty Darland Atjeh (NasDem) Dapil I 48.291 persen, Abdul Hafid (PAN) Dapil II 40,198 persen, Muhammad Alfian Mawardi (PDIP) Dapil 5 38,723 persen, Rahadian Fani (Golkar) Dapil II 37,304 persen dan terakhir Christian Sancho (Gerindra) Dapil I 36,132 persen.

CEO Kaltengpedia, Ahmad Hady Surya menyampaikan, hasil survei elektabilitas yang terbaru dirilis tersebut dihimpun dari data insight digital berdasarkan social media listening caleg, Group fokus online dan Bias sampel pada periode 6 hingga 12 Januari 2024 dari dapil I, II, III, IV dan V di Kalteng.

“Insight digital yang dilakukan adalah sebuah nilai hasil dari pemberitaan caleg, pola dan tren media sosial yang diperoleh dari data caleg masing-masing yang terkumpul,” ujar Hady.

Hady menjelaskan, manajemen kampanye digital yang dianalisis kali ini dihimpun selama 1 minggu. Hal itu dikarenaan, proses untuk mempromosikan para caleg dengan berisikan pesan Caleg dan pengenalan Caleg melalui digital yang terus berkembang, perilaku masyarakat pemilih telah mengalami perubahan yang cukup signifikan.

“Itu semua presentase insight digital, contohnya di urutan satu 54,561 persen, urutan dua hampir mendekati 54 persen sekian 53,892. Itu skala nya presentasi insight dan skala luas, jumlah insight totalnya mencapai ribuan jutaan dan bahkan miliaran angka,” Jelas Hady.

Hady menambahkan, survei yang dilakukan oleh Kaltengpedia bisa berkontribusi untuk masyarakat Kalimantan Tengah khususnya dalam informasi digital.

“Kaltengpedia disini selalu ingin berkontribusi untuk masyarakat kalteng khususnya informasi digital dan fakta digital, kami juga bersifat netral dalam hal ini,” tambahnya.

Hady yang juga Ketua Asosiasi Progammer Indonesia (Aprogsi) mengungkapkan, berdasarkan insight digital yang di validasi bersama tim dan hasil dihimpun menggunakan maltego dan dibantu analisis.io.

“Dengan metode nama caleg, nama partai, dapil dan pergerakan data digital pada 1 minggu ini, banyak berita tidak menjamin insight tinggi. Karna acuan nya adalah luas dan untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi web resmi Kaltengpedia,” pungkasnya. ist/hil