RSJ Rawat 2 Pasien Stres Pemilu

RAWAT JIWA-Tampak situasi RSJ Kalawa Atei, Jalan Trans Kalimantan, Desa Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau. FOTO ISTIMEWA

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Tim sukses partai politik dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kalimantan Tengah dilaporkan ada yang mengalami stres akibat tuntutan dan beban kerja.

Dua pasien yang diduga mengalami stres tersebut telah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei, Jalan Trans Kalimantan, Desa Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Perawatan RSJ Kalawa Atei dr Putu Teguh Rahmawan mengungkapkan, kedua pasien datang pada tanggal 12 dan 15 Februari 2024 dengan diagnosis Dokter Spesialis Jiwa bahwa keduanya menderita stres akibat beban dan tuntutan pekerjaan.

“Namun, hasil diagnosis tersebut tidak mengarah pada gangguan jiwa, sehingga kedua pasien hanya diminta untuk menjalani rawat jalan,” kata dr Putu Teguh dikonfirmasi wartawan, Sabtu (24/2).

Ia menegaskan, hingga saat ini, belum ada calon anggota legislatif (caleg) yang datang ke RSJ Kalawa Atei untuk melakukan pemeriksaan ataupun berobat.

Jika nantinya ada caleg gagal yang terindikasi terkena gangguan kesehatan metal, pihaknya telah siap untuk menerima dan memberikan pelayanan kesehatan, baik rawat jalan maupun rawat inap dengan menggunakan ruang VIP.

“RSJ Kalawa Atei sudah menyiapkan ruangan VIP baik untuk rawat inap maupun rawat jalan bagi pasien yang membutuhkan. Pihak kami siap menerima serta memberikan pelayanan kesehatan 24 jam untuk pasien yang terindikasi terkena gangguan kesehatan mental akibat politik,” ujarnya.

Meskipun belum ada caleg yang terindikasi membutuhkan perawatan kesehatan di RSJ Kalawa Atei, pihaknya siap memberikan perawatan maupun fasilitas terbaik bagi pasien yang membutuhkan, termasuk mereka yang bekerja di lingkungan politik. jef